NON SCHOLAE SED VITAE DISCIMUS ======= "belajar bukan untuk nilai, tapi ... untuk hidup" ======= :)

Monday, July 12, 2010

Memadu Gerak

Kita pernah mempelajari bahwa suatu partikel/benda dapat melakukan gerak satu dimensi (Gerak Lurus), baik itu Gerak Lurus Beraturan (GLB) maupun Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Posting-an kali ini, saya akan membahas gerak dua dimensi (Gerak pada bidang datar). Gerak ini terjadi bila suatu benda yang secara serentak/bersamaan melakukan dua gerak lurus dengan arah berbeda. Contoh gerak yang disebutkan di atas dalam keseharian diantaranya : Gerak suatu perahu ketika menyeberangi sungai, Gerak Parabola.

Perpaduan GLB dan GLB
Perhatikan gerak di bawah ini, yang sudah digambarkan dalam bentuk vektor :

Gerak resultannya vR adalah sebuah gerak lurus beraturan juga. Agar lebih memahaminya, silahkan coba latihan soalnya di sini


Perpaduan GLB dan GLBB
Bila dua buah gerakan yaitu Gerak Lurus beraturan (GLB) dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipadukan, maka akan terbentuk Gerak Parabola.
Kali ini saya buatkan ringkasan gerak parabola, berikut latihan soalnya download

Download Materi Memadu Gerak

9 comments:

Bomi said...

pak saya download latihan soalnya ya pak :)

Unknown said...

pak bagus nih buat postingan di blog. boleh saya ambil ga pa? pingin nih punya postingan kaya gini hehehe..... tapi pasti saya pakai sumber ko.. haaha

Nagata said...

pak ada pembahasannya ngk pak?? ad beberapa soal yang saya ngk ngerti hehe... terutama yg GLBB

L.Heri Isyono said...

To Dimas : silahkan di download, klo bisa skalian dicoba soal latihannya biar pemahaman materi semakin matang.

To Nagata : tunggu aja postingan-nya.

viinna said...

judul postingannya apa pak? hehe kalo udah ada, saya mau liatt :D

Unknown said...

bos, punya soal latihan ga nih? buat kelas 2 sma. saya baru kelas 2 soaolnya...

L.Heri Isyono said...

To Dimas : ntar saya buat, tunggu aja ya.

To Viinna : sabar ya...

D.Yuniar said...

bang/psk/mas, thanks banget semua materinya, berguna sekali nih untuk penelitian saya tentang gerak, saya telah mendownload materi memadu gerak..waw bener2 sebagai referensi yang berguna. tugas di kampus membuat saya harus mencari berbagai macam referensi tentang gerak.
terima kasih.
salam D. Yuniar

D. Yuniar said...

D.Yuniar said...

bang/pak/mas, thanks banget semua materinya, berguna sekali nih untuk penelitian saya tentang gerak, saya telah mendownload materi memadu gerak..waw bener2 sebagai referensi yang berguna. tugas di kampus membuat saya harus mencari berbagai macam referensi tentang gerak.
terima kasih.
salam D. Yuniar


note:..
maaf, benar2 maaf, saya salah mengetik huruf, yang saya maksud tadinya mau menulis pak, bukan seperti yang sebelumnya, tolong jangan disalah artikan, terima kasih sebelumnya.mohon dihapus saja ya pak, saya benar2 malu dan tidak bermaksud tidak sopan.

Post a Comment

 
Fisika untuk Semua© 2010 by L.Heri Isyono All rights reserved. Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan